Senin, 28 September 2015

Pengertian dan Fungsi Google+,Google Drive ,dan Google Hangout


  • Google+


Google+ atau Google Plus adalah website jejaring sosial buatan Google. Kita sebelumnya telah mengenal FacebookTwitter, Myspace, Friendster (sudah tamat), Hi5 sebagai media jejaring sosial terkenal dunia.
Google mengklaim bahwa Google+ mempunyai fasilitas dan manfaat melebihi jejaring sosial yang telah ada. Beberapa agak mirip dengan fasilitas yang ada di Facebook. Dengan Google+ didalamnya menawarkan: Informasi profil, Circles, Foto, Acara, Hangout, Laman, Community, Lokal, Status dan Berbagi (sharing) dan mudah terlihat di Google search.
Pada profil, fasilitas untuk tampilkan identitas pengguna. Circles fasilitas untuk kelompokkan jenis hubungan (teman, keluarga, dll). Foto untuk upload foto dan ciptakan album. Acara untuk membuat jadwal kegiatan dan publikasikan. Hangout adalah fasilitas berbicara secara video langsung dengan sesama pengguna Google+. Laman adalah fasilitas untuk ciptakan halaman bisnis, komunitas, organisasi, dll. Community adalah kumpulan grup-grup dengan topik kesukaan tertentu (Ini mirip dengan Facebook Group). Lokal adalah fitur yang terintegrasi dengan Google Maps, bisa mencari tempat tertentu dan berikan penilaian (review). Status dan berbagi adalah kemampuan untuk menuliskan sesuatu (pikiran, link website, video) dan membagikannya ke umum atau jaringan (circle) tertentu. Google+ selalu muncul di hasil pencarian Google.
Untuk membuat Google+, Anda cukup mempunyai akun Google atau Gmail saja. Dengan klik menu nama maka sudah terlihat Google+ nya.
Bagi pebisnis atau individu yang punya tujuan publikasi, Google+ mempunyai banyak manfaat, diantaranya:
1. Google+ berkembang pesat. Menurut Google, Google+ adalah website jejaring sosial yang pertumbuhannya      pesat. Google+ mempunyai 135 juta pengguna seluruh dunia dan 60% nya selalu login dan update informasi      setiap hari.
2. Google+ punya fasilitas yang melebihi jejaring sosial yang ada. Dengan satu akun Google+, semua fasilitas      Google bisa digunakan semisal Youtube, Picasa, Adwords, Adsense, berbicara live video dan lain sebagainya.
3. Google+ cepat tampil di hasil pencarian Google. Informasi yang Anda publikasikan di Google+ Anda bisa     berpotensi tampil di Google Search. Kadangkala keberadaan website Anda kalah dengan kekuatan posting dalam Google+.
4. Google+ dapat meningkatkan keberadaan website di Google Search. Pasang tombol +1 di setiap halaman website Anda agar mendapatkan klaim sosial dari pengguna-pengguna Google+ lainnya. Saat ini Google mempertimbangkan sinyal media sosial untuk memperkuat rangking website Anda.
5. Google+ mampu tampilkan lokasi usaha dalam Google search. Ketika punya Google+ tipe laman maka alamat dan peta usaha Anda akan muncul di hasil pencarian atau di Google Maps. Maka buatlah nama usaha yang sesuai dengan kata kunci produk Anda.
6. Google+ mampu menjadikan Anda sebagai pemilik konten. Ketika membagikan sebuah informasi dalam posting Google+ maka informasi itu akan tertampil di hasil pencarian Google dengan gambar profil Anda disampingnya.
7. Google+ Communities sebagai tempat berbincang. Seperti sebuah group maka didalamnya terdapat interaksi dari sesama pengguna Google+ lainnya. Anda bisa publikasi disana atau menggunakannya sebagai media mendekati masyarakat pengguna Google+.



  • Google Drive



Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012.  Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Saat ini google drive juga bisa diakses di ponsel android sehingga memudahkan untuk mengakses dimanapun kita berada.
Fungsi Dari Google Drive :
Banyak sekali fungsi-fungsi dari Gogle Drive, diantranya :


  1. Files Host (Java Script, CssHTML).
  2. Documents Host.
  3. Membuat dan Mengetik Dokumen Secara Online.
  4. Membuat Presentasion Secara Online.
  5. Membuat Spreadsheet Secara Online.
  6. Membuat Form.
  7. Menggambar. 


Kelebihan Google Drive :

  1. Dengan Hard Google, yang dapat menyimpan semua file di satu tempat, sehingga kita dapat mengaksesnya dari mana saja dan berbagi dengan orang lain.
  2. Gunakan Google Hard Android app untuk mengakses foto, dokumen, video dan file lain yang disimpan pada Drive Google.
  3. Kita bisa Upload/Download file ke Hard Google langsung dari perangkat
  4. Membuat file Foler yang tersedia offline sehingga Anda dapat mengaksesnya bahkan ketika Anda tidak memiliki koneksi Internet
  5. Membuat dan mengedit dokumen Google dengan format rich text
  6. Lakukan perubahan cepat untuk spreadsheet
  7. Bisa membaca file PDF
  8. Upload dan mengkonversi file ke format Google Docs
  9. Mengambil foto dari teks dicetak dan mengubahnya menjadi dokumen Google
  10. Support untuk pengguna tablet, Honeycomb (Android 3.0 +)
  11. Buka dan lihat file apapun
  12. Simpan file seseorang di tempat yang aman   
  13. Akses dimana saja
  14. Buka dan lihat file apapun
  15. Simpan file seseorang di tempat yang aman   
  16. Penelusuran yang canggih
  17. Lebih dari penyimpana kolaborasi


Kelemahan Google Drive :
Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memunkinkan dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa fitur yang tersedia di layanan Google Drive :


  1. Kapasitas penyimpanan dokumen gratis hingga 5GB.
    Google Drive akan memberikan ruang penyimpanan gratis bagi penggunanya sebesar 5GB, tidak terhitung dokumen yang Anda buat melalui Drive. Anda dapat mengupload 30 jenis file termasuk file Photoshop, video, foto dan sebagainya. Google Drive mendukung hampir seluruh jenis file yang populer.
  2. Berbagi file, folder dan seluruh isi drive Anda.
    Sama seperti Google Docs, Anda dapat berbagi file melalui Google Drive. Hanya dengan meng-klik kanan di file atau folder dan memilih “Share” dan memilih opsi sharing yang ada. Untuk mengijinkan seseorang dapat mengakses seluruh drive Anda, klik tombol orang tersebut dan tanda tambah (plus) di bagian atas.
  3. Menggunakan sistem pencari Google.
    Dengan teknologi pencarian Google yang dibenamkan di aplikasi Google Drive, Anda dapat melakukan pencarian foto pada bagian ‘search’. Anda juga dapat melakukan pencarian teks pada dokumen yang di-scan. Setelah beberapa pengujian, fitur ini ternyata tidak sepenuhnya dapat dipercaya, tapi cukup pantas untuk dicoba sebagai penolong pencarian file atau foto.
  4. Mengkolaborasikan video, foto dan lainnya.
    Fitur kolaborasi Google Docs sekarang tersedia untuk berbagai jenis file. Sebagai contoh, jika Anda meng-upload sebuah video di Drive dan berbagi dengan seseorang, Anda dapat berdiskusi mengenai video tersebut dengan fasilitas komentar.
  5. Menginstal aplikasi dari pihak ketiga.
    Developer pihak ketiga dapat membangun aplikasi yang dapat bekerja dengan baik di Google Drive. Anda dapat melakukan edit foto dengan menggunakan aplikasi Pixlr, mengirim fax secara gratis dengan aplikasi HelloFax dan menandatangani dokumen resmi dengan aplikasi DocuSign. Semuanya dapat dilakukan lewat layanan Google Drive.


  • Google Hangout


 Google Hangout
Google Hangouts adalah sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang mencakup instant messaging, video chat, SMS dan fitur VOIP. Ia menggantikan tiga produk messaging yang dilaksanakan Google bersamaan dalam layanannya, termasuk Google Talk, Google+ Messenger (sebelumnya: Huddle), dan Hangouts, sebuah video chat sistem hadir dalam Google+. Google juga menyatakan bahwa Hangouts dirancang untuk menjadi "masa depan" dari produk telepon, Google Voice, dan terintegrasi beberapa kemampuan dari Google Voice ke Hangouts. [1] Dalam versi terbaru dari Android, Hangouts adalah aplikasi default untuk teks messaging.
Ø
BBM memang telah menjadi fenomena tersendiri di dunia teknologi saat ini, apalagi di Indonesia PIN BBM dapat meninggikan status dari pemiliknya. Dengan memiliki PIN BBM berarti sang pemilik adalah seorang pebisnis atau orang penting. Nah, dalam waktu dekat ini BBM akan mendapat pesaing baru yaitu sebuah aplikasi yang mirip dengan BBM yang diluncurkan oleh Google dengan nama Chat Hangout.
Seperti dikutip dari The Verge, Aplikasi Chat Hangout yang sebelumnya bernama Babel ini bakal mengusung ikon mirip dengan ikon messenger. Selain itu aplikasi Chat hangout ini bakal diperapik dengan antarmuka Holo, bila Anda menyapu (Swipe) Layar ke kanan maka akan menampilkan daftar percakapan.

2 komentar: